Lifestyle,  Mother & Baby,  Sustainable Lifestyle,  Wellness

Review Sensatia Botanicals, Skincare Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Tahun ini memasuki tahun ketujuh aku pakai skincare Sensatia Botanicals untuk keperluan sehari-hari. Berawal dari kesadaran untuk lebih sehat dan ramah lingkungan, aku mulai mencari alternatif produk-produk yang sustainable, terutama untuk menstruasi dan skincare. Dari hasil baca dan nonton review sana-sini, akhirnya ketemulah brand Sensatia Botanicals, brand “lokal” based in Bali dan di seluruh packagingnya mencantumkan bahwa formulasinya aman untuk ibu hamil, dan (gasp!) boleh mengembalikan botol bekasnya ke gerai mereka.

Aku sempat pindah pakai merk sebelah (dari Australia) yang terkenal dan warnanya pink, yaitu Sukin. Buatku ada plus dan minusnya sih pakai Sukin, tapi dengan banyak pertimbangan, akhirnya aku kembali ke Sensatia Botanicals.

Produk apa saja yang aku pakai?

3-Step Skincare Set – Normal Skin

Terdiri dari Cleopatra’s Rose Facial Cleanser, Cleopatra’s Rose Facial Toner, dan Cleopatra’s Rose Facial C-Serum.

Sensatia Botanicals 3-Step Skincare Set - Normal Skin
Sensatia Botanicals 3-Step Skincare Set – Normal Skin (minus facial cleanser di kamar mandi :))

Awalnya aku sempat pakai set untuk dry skin dan membeli terpisah toner-serum neroli blossom dengan facial cleanser yang unscented. Sekalipun di kulitku efeknya hampir sama-sama melembabkan dan bikin glowing, setelah mencoba beberapa facial cleanser, toner dan c-serum-nya, aku merasa set Cleopatra’s Rose ini yang paling cocok: bikin kulitku adem dan baunya aku suka.

Ada varian untuk jenis kulit lainnya juga. Kamu bisa beli dengan klik link (affiliate) di sini:

Botanical Lip Protection

Sensatia Botanicals Botanical Lip Protection
Sensatia Botanicals Botanical Lip Protection

Feel waktu dipakai di bibir sesuai sama namanya: botanical. Rasa dan baunya minty-semriwing, teksturnya lembut dan dingiiiin. Efeknya kerasa sih di aku, bibirku jadi terhidrasi dan ngebantu supaya gak kering. Menurut aku ini lip balm terbaik yang pernah aku beli. Link beli klik di sini.

Baca juga  Tumbuh Bersama, Playground Segala Ada di Jogja

Kelebihan Skincare Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals dibuat dari recycled plastic
Packaging Sensatia Botanicals dibuat dari recycled plastic
  • Formulasinya aman
    Di semua materi marketing, website dan marketplace, SB selalu mengunggulkan bahan-bahannya yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, seperti minyak kelapa, vitamin C, aloe vera, madu, dan bahan-bahan alami lainnya.
  • Ada upaya buat mendukung pembangunan berkelanjutan
  • Harganya mahal tapi gak mahal-mahal amat
    Tentu untukku yang pelit perhitungan banget ini, pertimbangan beli skincare gak bisa semudah beli beras (= bahan pokok). Masuk ke kategori leisure alias senang-senang, pastinya pilihan skincare harus yang gak menyiksa kantong dan kesehatan finansial. On that note, selama ini aku beli produk SB hanya 1-2 kali setahun. Gasp! Suer. Sebetulnya ada petunjuk di toner dan c-serum kalau produknya lebih baik dibuang atau pakai baru setelah 6 bulan dari tanggal produk dibuka. Tapiiii again, aku sendiri memilih membeli setahun sekali, karena semua produknya cukup untuk aku pakai sampai setahun.
  • Punya varian biasa dan varian luxury (marine essentials) untuk yang high-end
  • Ada varian khusus Mom & Baby
  • Diproduksi di Bali (lokal Indonesia)

Kekurangan Skincare Sensatia Botanicals

Tidak ada skincare yang sempurna.

– Chaty, 2024

Beberapa kekurangan Sensatia Botanicals:

  • Gerainya sedikit (dari Magelang yang paling deket di Pakuwon Mall Jogja)
  • Harganya cukup mahal, apalagi buat yang pakai skincare-nya sering
  • Jarang mengadakan promo
  • Mulai muncul alternatif lain yang lebih murah dan diproduksi masif
  • Pabriknya lokal tapi sebetulnya pusatnya bukan lokal
Sensatia Botanicals US
Sensatia Botanicals ada kantornya di US

Meskipun kekurangannya tentu bisa dilist lebih banyak, bagi aku kelima poin itu adalah yang paling bisa menggoyahkan diriku untuk berpaling ke merk lainnya. Tapi, namanya gak mau ambil pusing, buat aku kelebihannya mengalahkan kekurangannya.

Kesanku Pakai Sensatia Botanicals

Aku cocok banget pakai Sensatia Botanicals (dan kalau kamu kenal aku, bisa dibilang aku semi memuja SB hahaha) dan bertahan pakai dari 7 tahun yang lalu. Aku sendiri memang gak mencari skincare yang bisa menyembuhkan suatu masalah kulit yang rumit atau menjanjikan kulit putih berkilau. Aku bakal terus memakai SB ini karena:

  • Harganya buatku affordable buat dibeli setahun sekali (haha)
  • Semua wanginya enak! Aku pernah membeli paket sampel sabun batang SB dan aku cobain satu-satu. Wanginya gak ada yang fail, dan aku yakin juga skincare-nya semua oke sih terutama lip series-nya.
  • Bahannya alami
  • Kita bisa “mengembalikan” botol bekasnya ke gerai terdekat (kalau aku berarti ngembaliin ke Pakuwon Mall Jogja, huhu jauh sih tapi)
  • Selama 7 tahun ke belakang gak ada komplikasi dan kulitku tetap baik
Baca juga  Sop Ayam Nano-Nano - Penyelamat Saat Kepepet

Kemungkinan bahkan aku akan nyobain beberapa produk lainnya seperti eye serum dan masker, kemudian beralih ke lip balm yang rasa vanilla (I love vanilla!).

Ini akan cocok buat kamu yang:

  • Butuh skincare untuk “merawat” dan memelihara kesehatan kulit tanpa perlu takut terpapar zat kimia yang diragukan dampak kesehatannya.
  • Mau beli skincare lokal (meskipun gak lokal-lokal amat)
  • Butuh pakai skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui
  • Memilih skincare vegan atau vegetarian dan tidak melalui uji coba terhadap hewan
  • Mau skincare tersertifikasi halal
  • Peduli sama terumbu karang; SB mengklaim produknya gak mengandung bahan yang membahayakan eksistensi terumbu karang

By the way, Sensatia Botanicals sekarang juga mengeluarkan varian khusus Mom & Baby dan luxurious line-nya dengan marine essentials. Makin mengukuhkan statusnya sebagai skincare lokal yang ramah lingkungan, ramah anak, dan aman untuk ibu hamil dan menyusui. Kamu bisa cobain skincare untuk bayi-nya, dan kasih tahu aku kesan kamu di comment, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *