Lifestyle,  Mother & Baby

5 Kegiatan di Rumah untuk Isi Waktu Luang Saat Liburan

Libur panjang biasanya ngapain?

Hari ini, dan mungkin juga dalam bulan-bulan berikutnya, kita bertemu dengan libur panjang. Keluargaku kadang menyempatkan satu hari untuk makan bersama di resto baru atau santai di rumah dengan keasyikan masing-masing. Yang terakhir ini makin sering dilakukan sejak punya anak, karena selain menghemat anggaran (haha), juga, kapan lagi santai-santai di rumah sebelum kembali ke kenyataan (baca: kerja, ngurus anak, kerja lagi).

Masak, cuci piring, menyapu, mengepel, dan semua tugas rumah tangga lainnya sudah? Hmm, bisa ngapain ya buat mengisi waktu luang saat sekeluarga sedang di rumah aja? Ini dia beberapa hal yang aku dan keluargaku (biasanya) lakukan saat liburan di rumah aja.

1. Nonton bareng

Nah ini juga kegiatan paling mudah dan asyik! Dengan kekuatan Netflix, kami bisa nonton film keluarga bersama-sama di rumah.

nonton netflix di rumah
Nonton bareng di rumah (source: unsplash)

Tantangannya tentu saja menyamakan selera. Saat liburan, di rumah kami ada berbagai macam manusia dengan berbagai keinginan: aku (ibu-ibu), suamiku (bapack-bapack), adikku (lajang 30-something), ibuku (lansia), dan tentu saja anakku (toddler 2.5 tahun). Berkompromi kadang bisa dalam bentuk anak tidak ikut menonton (main sama pengasuh dan tetangga), atau ada yang mengalah. (artikel mengenai rekomendasi film netflix coming soon, ya!)

2. Baca buku

Orang bilang, buku adalah jendela dunia. Enaknya, kita bisa melihat dunia dengan tetap di rumah. Selalu ada bacaan untuk setiap orang di segala usia.

membaca di rumah bersama keluarga
Baca bareng di rumah (source: freepik.com)
  • Dengan buku nonfiksi, bisa “traveling” ke tempat setting buku itu berada (sekalipun itu Hogwarts 😉), dan bisa escape sejenak dari kenyataan. Aku sendiri akhir-akhir ini suka membaca genre romance, yang sudah ada jaminan happy ending, dengan cerita yang menyentuh hati dan melatih empati.
  • Buat buku nonfiksi untuk bersantai, biasanya aku baca buku yang tidak njelimet seperti Show Your Work! atau Steal Like An Artist karya Austin Kleon.
  • Buku anak-anak yang paling oke? Kami suka membacakan Dongeng untuk Anak Usia 2 Tahun dan buku bergambar dengan setting perkebunan, sehingga bisa bercerita bebas sendiri.
  • Sedangkan untuk ibuku a.k.a lansia, ibu kebanyakan membaca buku-buku Fiqh atau yang masuk kategori agama Islam. Kadang ibu memintaku baca duluan lalu aku ringkas supaya mudah dicerna 😄
Baca juga  7 Things I Wish I'd Known Sooner

Pssst, kamu bisa cus ke Instagram aku buat cek cek review buku-buku yang recommended! ❤️

3. Membersihkan / mendekorasi kamar / decluttering

Ruang yang rapi dan bersih akan berpengaruh ke kesehatan mental dan emosi, lho! Mengisi kegiatan di rumah dengan beres-beres bisa dilakukan juga untuk menanamkan kebiasaan ke anak sejak kecil. Kita bisa buat acara ini sesimpel dan seasyik mungkin.

Happy family painting orange walls at home, using roller brush and paint color to decorate apartment. Woman with young kid having fun renovating home together, interior house decor.
Mendekorasi rumah bersama (source: freepik.com)

Tidak perlu semua baju atau barang-barang ditumpuk kemudian memilah satu-satu mana yang spark joy seperti metode Konmari, kita cukup melakukan sebisanya. Tempel hiasan dinding atau gambar tembok kamar. Tinggalkan perfeksionisme dan jadikan ini pengalaman menyenangkan. Dekorasi yang jelek bisa diganti, kegiatan beres-beres yang malah tambah amburadul bisa diperbaiki, tetapi kenangan manis akan selalu membekas sampai nanti.

4. Piknik di rumah

Pura-pura piknik di rumah adalah hal paling asyik dan gampang. Tinggal gelar tikar atau dalam hal ini play mat, kemudian keluarkan alat makan yang biasa dipakai untuk berpiknik. Kadang kami melakukannya di teras samping, di mana burung tetangga sering datang dan kucing tetangga lain kadang lewat.

piknik di rumah
Piknik di rumah (source: freepik.com)

Bila pesertanya hanya orang dewasa, kita bisa menyewa alat panggang dan membeli daging segar untuk party ala Korean Barbeque. Hal ini juga yang kami lakukan di malam tahun baru!

5. Olahraga

Olahraga di rumah? Hmm, yang satu ini agak tricky dengan toddler, tapi akhirnya berhasil ketika ternyata ibunya JJ (Cocomelon) digambarkan punya hobi beryoga.

olahraga di rumah
Olahraga di rumah (source: freepik.com)

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah: yoga, lempar tangkap dengan anak, main kejar-kejaran dengan anak, barre, dan pilates tanpa alat.

Itu dia beberapa hal yang bisa jadi inspirasi kegiatan yang dilakukan saat di rumah selain mengerjakan tugas rumah tangga. Meskipun tentu masih ada banyak hal yang bisa dilakukan di rumah, tidak ada salahnya juga sesekali kita jalan ke sekitar, menghirup udara segar dan menyapa tetangga. Pulang bisa lebih fresh dan mungkin penuh ide untuk… menulis artikel baru di blog! 😆

Baca juga  Tumbuh Bersama, Playground Segala Ada di Jogja

Sampai jumpa~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *