Resep

Teh Madu

Sudah beberapa bulan ini, saya dan suami meminum teh hangat dengan madu setiap pagi. Kebiasaan ini sebenarnya saya mulai sejak tinggal dengan ibu saya sebelum menikah. Ibu selalu membuat teh di pagi hari, dicampur madu dan bubuk kayu manis . Karena saya tidak ada stok kayu manis di Sumba, jadilah teh madu kadang dicampur dengan perasan jeruk nipis atau jahe digeprek. Rasanya sudah pasti lezat.

Bahan untuk meracik:

Teh; bisa the apa saja, menurut saya Teh Tambi adalah yang paling enak. Tapi pas di Sumba, kami pakai teh celup.

Madu; saya merekomendasikan madu asli, kami menggunakan madu Kupang. Jangan khawatir, ada banyak wilayah penghasil madu asli di Indonesia. Madu merupakan pemanis minuman yang lebih sehat daripada gula, dengan beberapa catatan. Untuk secangkir teh, kami biasanya memasukkan 2-3 sendok makan madu, sesuai selera dan mood.

Tambahan ena-ena:

Kayu manis
Bisa dalam bentuk bubuk (sudah dihaluskan) ataupun batangan. Kayu manis ini aromanya enak dan menenangkan bangets. Rasanya agak sepet menuju pahit, jadi saya biasanya memasukkan sedikit saja ke dalam teh.

Jeruk nipis
Untuk secangkir teh, cukup potong salah satu sisinya seperti condiments di warung soto, kemudian peras. Hati-hati, kalau kebanyakan, rasanya jadi kecut. Tapi buat yang suka kecut boleh aja pakai satu bola jeruk. Di warung soto, saya biasanya memesan teh kemudian menambahkan perasan jeruk nipis sendiri, dan jadilah lemon tea. Lumayan, hemat ongkos daripada pesan lemon tea langsung.

Irisan lemon
Suatu kali saya pernah bikin awetan lemon madu begitu, ikut-ikutan drama korea. Saya cari caranya di YouTube, ada banyak versi sehingga saya pilih yang paling simpel. Katanya perpaduan ini juga baik dikonsumsi setiap hari. Sehat, enak pula. Kurang apa coba? Sayangnya di Sumba harga lemon mihil dan kami nggak ada kulkas, jadi pilihan ini sementara kami tinggalkan.

Jahe
Nah kalau ini kadang-kadang aja pas nggak mager ngupas kulitnya. Jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan (dan kecantikan, katanya ). Biasanya kami baru campur ke teh kalau tenggorokan mulai terasa tidak enak.

Adakah tambahan-tambahan sehat lezat uenak lainnya? Boleh kasitau di kolom komentar ya, siapa tahu suatu saat bisa saya coba juga. Terima kasih banyak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: