Resep

Sambal Mentah (mungkin) Khas Sumba

Apa makanan khas Sumba?

Sejujurnya aku akan kesulitan menjawab pertanyaan ini. Aku tinggal di Waingapu, Sumba Timur dan jarang menemui makanan yang otentik daerah sini. Ada beberapa makanan yang baru pertama kali kumakan di sini, dibuat oleh orang Sumba: sayur bunga pepaya, sayur daun kelor, dan sambal mentah. Sekalipun teman-temanku di sini bilang ketiga makanan itu sebenarnya bukan hanya khas Sumba, ketiganya akan selalu mengingatkanku pada Sumba.

Ibu Rita, teman kerja Firman suamiku, yang pertama kali mengenalkanku pada sambal mentah. Resepnya cukup sederhana dan rasanya, woy, enak luarbiasa!

Sambal mentah pertama yang aku buat untuk ramai-ramai. Sadis, katanya. Cabainya nggak kira-kira.

Kalian yang cinta sambal mungkin akan suka dulit dulit sambal ini sambil nonton tipi. Yuk, kita buat!

Pertama, siapkan dulu cobek dan munthu ya. Sebaiknya diulek biar lebih hakiki dan enak teksturnya. Lalu bahan-bahannya: cabai, garam, jeruk nipis/ jeruk purut, bawang merah.

Cabai dan garam sesuai selera ditaruh pertama ke cobek. Takarannya yang kira-kira pas, boleh beda dengan yang aku buat. Bergantung tingkat kepedasan yang kalian suka juga. Aku pakai cabai rawit 3 saja untuk porsi makan sedikit dan tingkat kepedasan sedang. Garamnya kira-kira ½ sendok makan. Cabai dan garam diulek dulu sampai halus.

Potong sedikit kulit jeruk nipis, diulek bareng dengan cabai dan garam. Usahakan potongannya super mini biar ngga kelihatan nantinya, karena inilah bahan rahasia kita yang bikin ketagihan. Pssst…

Kemudian, potong bawang merah, diulek jangan sampai halus jadi masih ada tekstur bawang merah di dalam sambal. Lalu potong tomat, diulek jangan sampai halus, seperti si bawang merah, yang penting nyampur aja tapi masih kelihatan aslinya. Karena ini bukan bumbu rahasia, ini adalah bahan pengecoh!

Sambal mentah untuk 3-4 orang

Selesai.

Bisa ditambah daun kemangi, atau kecap kalau mau rasa yang lebih nano-nano. Cocok buat cocolan ikan bakar, pelengkap makan nasi dan lauk, dimasukin dalam sop. Rasanya pedas-segar, pastinya ngga manis. Bikin nagih lah. Hati-hati, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: