Podcast

Podcast Orang Biasa: “Salam Kenal!”

Beberapa hari yang lalu, aku dapat kesempatan mengobrol dengan ibu penjual nasi kuning langgananku. Biasanya pelanggan datang sampai berkerumun, saking larisnya. Hari itu, tumben sekali, aku mendapat kesempatan berbicara banyak dengannya, karena belum ada pelanggan lagi yang datang. Selama ini, orang-orang mengenalnya dengan “Ibu Bali” yang nasi kuningnya enak banget.

Ibu itu, sampai sekarang aku belum tahu siapa namanya, aslinya dari Mataram, Lombok. Agamanya Hindu. Mungkin itu sebabnya, orang-orang mengira ia pendatang dari Bali. Dibilang pendatang, ternyata tidak juga, dia sudah tinggal di Waingapu 30 tahun lebih. Anaknya tiga orang, dua di antaranya sudah berkeluarga dan tinggal jauh. Satu yang bungsu sekarang bekerja di dekat tempat tinggalnya. Suaminya sudah meninggal beberapa tahun yang lalu. Ia berjualan nasi kuning, semata agar karena ada kesibukan. Makanya, sekalipun laris, tidak pernah ibu ini bernafsu meningkatkan jumlah dagangannya.

“Yang ada, saya itu bingung kalau ada Ibu X datang. Kadang dia beli banyak sekali. Pernah dia beli sampai 500.000, saya jadi bingung bilang ke pelanggan lainnya, bakal masih kebagian atau tidak ya,” katanya. Kami tertawa. Aku tahu ibu-ibu yang dia maksud, dia seorang juragan, memang suka memborong banyak untuk keluarga dan karyawan-karyawan di rumahnya.

“Begitulah kalau sudah cocok lidahnya, ndak bisa ke lain hati!” selorohku. Kami tertawa lagi.

Begitulah. Dari percakapan itu banyak hal baru yang ternyata bisa aku pahami. Kemudian, ting! Bagaimana kalau aku membuat podcast? Tentang orang-orang biasa ini. Aku percaya, setiap orang punya kisahnya masing-masing, yang sebenarnya tidak biasa saja. Dan, podcast bisa menjadi tempat untuk merekam keingintahuanku. Banyak hal yang ingin plus perlu kuketahui. Bikin tulisan, boleh juga. Alangkah baiknya kalau dibarengi dengan versi audio + visual. Karena aku belum begitu jago membuat video, serta alat-alat membuat video sangat terbatas, direkam suara dulu sepertinya bisa. Toh setiap pagi aku suka mendengar podcast sambil bersih-bersih.

Namaku Chaty, dan aku adalah orang biasa. Kita semua, sebenarnya orang-orang (luar) biasa kan? Aku ingin sekali bisa memahami banyak hal yang perlu dipahami, mengenal orang-orang biasa lain di sekitarku, dan mendengarkan cerita mereka. Salam kenal dan selamat datang di Podcast Orang Biasa. Dari orang biasa, tentang orang biasa, untuk orang biasa.

Serial POB sementara bisa teman-teman dengarkan dari blog ini, serta YouTube channel-ku. Rangkuman isi tiap episode POB juga akan ditulis di sini. Jangan lupa mampir, ya! Selamat menikmati.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: