Podcast

Manfaat Energi Terbarukan

[Podcast Orang Biasa, Episode 001 Part 2]
#POB001

Kita memanfaatkan energi hampir di setiap saat dan dimana saja. Kalau energi fosil akan habis, mengapa pemerintah tidak bertindak untuk segera beralih ke energi terbarukan? Apa tantangannya? Bagaimana peluangnya? Terus, katanya mahal ya? Kata siapa hayo…

Menggunakan sumber energi terbarukan untuk melistriki Indonesia, mungkinkah?

Secara singkat, jawabannya jelas: sangat mungkin. Kenapa? Potensi Indonesia sangat besar. Seluruh percakapan agak ngalor-ngidul, tapi ada beberapa poin yang bisa aku simpulkan dari obrolan kita:

  1. Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber-sumber yang selalu tersedia di alam dan relatif selalu ada, seperti air, matahari, panas bumi, angin, biomassa, dan lain-lain.
  2. Masyarakat di pulau-pulau kecil seperti Sumba, lebih mungkin untuk mengakses energi terbarukan yang sesuai dengan potensi masing-masing, atau disebut jaringan off-grid. Karena keterbatasan PLN untuk melistriki seluruh wilayah Indonesia, terutama menyangkut transmisi dan distribusi.
  3. Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang melimpah, dan bisa diandalkan sebagai sumber energi utama untuk seluruh masyarakat. Tinggal komitmen kita semua untuk menuju ke sana.
  4. Sumba sebagai pulau ikonis energi terbarukan saat ini sudah sebagian memanfaatkan pembangkit listrik tenaga surya, mikro hidro, angin, dan biomassa. Rencananya, tahun 2025 Pulau Sumba 100% menggunakan energi terbarukan.

Aku membagi podcast episode kali ini menjadi dua bagian, biar nyaman mendengarnya. Jangan lupa dengarkan Podcast Orang Biasa setiap bulan, jadwal keluarnya tidak pasti sih, tapi semoga setiap Jumat minggu terakhir. Pertanyaan dan komentar bisa dikirim di kolom komentar tulisan ini, atau mampir ke instagramku @ceritachaty.

Beberapa link yang disebutkan di podcast:
Sumba Iconic Island
Perusahaan Listrik Negara

Ini beberapa video untuk menambah pengetahuan tentang energi terbarukan, khususnya di Sumba. Biar ngga kaleng-kaleng.

Cek juga video lain tentang perkembangan program di channel YouTube Sumba Iconic Island.

Last but not least, serial Ekspedisi Indonesia Biru tentang Sumba, episode 21 – 25, mulai dari sini:

Sampai jumpa di episode selanjutnya (kalau ada) yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: